1892 : Willem Kolling, yang bekerja sebagai agen kantor pos di sebuah
desa di Belanda yang bernama Dieren, mengundurkan diri dan memulai usaha
dagang sepeda dengan memesan sebuah sepeda di Inggris. Usaha dagangnya
berkembang dengan sangat bagus. Kolling kemudian memulai kerja sama
dengan pengecer perangkat dari besi dan kompor Rudolf Arentzen dari
Dieren.
1902 : Arentzen dan Kolling membeli tanah dan bangunan baru di tempat
berdirinya pabrik yang sekarang dan memulai produksi sepeda. Dalam
tahun yang sama, sepeda pertama kali yang bermerk Gazelle mulai dijual.
1903 : Kemudian Gazelle memperkenalkan produksi sepeda motornya yang pertama, namun tidak dibuat oleh Gazelle sendiri.
1905 : Meskipun perdagangannya berkembang bagus Arentzen mengundurkan
diri dari perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling,
saudara Willem Kolling.
1912 : Dengan perluasan besar-besaran terhadap tanah dan bangunan
awal mereka, dan dengan alat – alat permesinan yang modern dan
spesialis, rencana produksi sendiri bisa direalisasikan sepenuhnya.
Meraka memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepeda lengkap. Sementara
itu aktivitas perdagangan borongan Gazelle menjadi semakin penting.
1915 : Keluarga Kolling dan kemenakan mereka Van Breuking mengganti
nama perusahaan menjadi “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en
Kolling dalam dua puluh lima tahun berikutnya perusahaan ini mengalami
pertumbuha yang mantap. Permintaan dari outlet domestik serta permintaan
internasional meningkat secara signifikan. Hal ini juga karena pasar
yang berkembang bagi sepeda Gazelle di Indonesia yang pada saat itu
menjadi salah satu koloni Belanda. Disamping sepeda – sepeda standar,
beberapa jenis sepeda bermotor, delivery bicycles (sepeda antar) dan
carier tricyles (sepeda muatan tiga roda) diproduksi untuk berbagai
sektor idustri.
1930 – 1931 :
Spoiler for Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V.:
1931 : Sebagai variasi merek Invicta muncul dalam katalog Gazelle, sementara itu merek Gelria juga diperkenalkan.
1935 : Gazelle memperkenalkan tandem pertama, yang sangat populer
dalam tahun – tahun sebelum Perang Dunia II. Pada tahun perkenalannya,
600 tandem segera terjual.
1937 : Sepeda listrik yang digerakkan oleh akumulator 12V dan
didisain oleh Philips diproduksi oleh lima pembuat sepeda yang terkenal
di Belanda. Diantara mereka, Gazelle adalah yang paling penting dan
mereka memproduksi 117 sepeda jenis ini. Tetapi sepeda – sepeda jenis
ini tidak pernah sangat populer. Seperti bagi banyak perusahaan Belanda
lainnya, perang merupakan masa yang sulit bagi Gazelle. Sebagian besar
mesin pabrik diongkar oleh tentara Jerman yang menduduki dan diangkat ke
Jerman. Mesin yang masih tersisa diledakkan persis sebelum kedatangan
Sekutu. Selain itu, pabrik Willem Kolling menderita kerusakan hebat
akibat perang.
Dalam bulan Agustus 1946 sepeda Gazelle paska perang yang pertama
tersedia, dan pada tahun 1950 tersedia sepeda Gazelle dengan clip-on
motor. Produksi carrier bicycles (sepeda muatan beroda dua) dan carrier
tricycles (sepeda muatan beroda tiga) diteruskan.
1954 : Perusahaan Gazelle yang sebelumnya merupakan perusahaan
pribadi diubah menjadi sebuah incorporation. Pada tahun yang sama,
Gazelle membuat 1.000.000 sepeda.
1963 : Di awal tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan Batavus
dari Heerenveen. Kerja sama ini tidak bisa memnuhi harapan yang
mendasari dan putus sesudah dua tahun.
1964 : Gazelle merupakan perusahaan pembuat sepeda Belanda pertama
yang memperkenalkan sepeda lipat (folding bike) yang dinamai “Kwikstep”.
Berbeda dengan sepeda lipat umum lainnya, Kwikstep dilipat pada sumbu
horizontal di bawah siku – siku bawah (bottom bracket), tidak pada sumbu
vertikal.
1966 : Gazelle memperkenalkan kembali model tandem, kali ini jenis
modern yang tidak begitu berat. Pada tahun yang sama 2.000.000 sepeda
Gazelle dibuat.
1968 : Gazelle mengambil alih merek juncker, Simplex dan Locomotie serta merek moped terkenal Berini.
Selain hub (poros) depan dengan rem tromol (drum-brake front hub)
bermerek Gazelle, yang masih diproduksi sampai sekarang, Gazelle juga
memproduksi three-speed rear hub (poros belakang dengan tiga kecepatan)
dan (dalam kebanyakan kasus) dengan rem tromol pada tahun enam puluhan.
Sesudah membuat sekitar 45.000 50.000 unit, produksi dihentikan di akhir
tahun enam puluhan karena biaya yang tinggi.
1971 : Gazelleh diambil alih oleh Tube Investment (TI). Nama
perusahaan ini adalah “Gazelle Rijwielfabriek B.V”, sebuah perseroan
terbatas swasta
Spoiler for Private Limited Company:
1987 : TI menjual divisi sepedanya kepada Derby Cycles Corp.
Perusahaan multinasional dengan kantor pusat di New York ini sekarang
juga memiliki perusahaan pembuat sepeda Raleigh, produsen sepeda
Sturmey-Archer serta merek – merek sepeda Jerman yang terkenal Kalkhoff,
Rixe, Winora, dan Staiger.
1992 : Gazelle merayakan ulang tahun yang ke-100. Pada tahun yang sama, produksi total kumulatifnya mencapai 8 juta unit.
1999 : Dibulan april, Gazelle mencapai tong-sejarah baru : 10 juta
sepeda telah dikeluarkan oleh pabrik. Gazelle sekarang memperkerjakan
550 karyawan dan menghasilkan lebih dari 300.000 sepeda dalam setahun.
Gazelle merupakan salah satu dari sedikit perusahaan pembuat sepeda
besar yang masih membuat sendiri sebagian besar rangkanya 20% dari total
produksi di ekspor ke Belgia dan wilayah – wilayah Jerman yang
berdekatan.
2001 : Derby Cycles Corporation menjual Gazelle kepada daa investasi
Belanda ‘Guide Buy Out Fund’. Gazelle berkembang bagus, tetapi Derby
mengalami masalah finansial yang serius. Produksi tahunannya adalah
sekitar 380.000 unit, sementara pangsa pasar Gazelle mencapai sekitar
tiga puluh persen.
Sekarang ini, Gazelle diproduksi dalam jumlah besar dan dikenal
sebagai sepeda yang sangat nyaman dan tangguh Mercedes Benz-nya
merek-merek sepeda Belanda. (sepeda muatan Gazelle yang bisa
dilipat(pertama kali dibuat pada tahun 1930). KOtak muatannya bisa
dilipat dan casisnya juga bisa diubah).Sepeda Gazelle bisa dilacak tahun pebuatannya dengan sangat mudah.
Ada daftar nomor rangka periode 1916 – 1950, yang beraal dari
arsip-arsip Gazelle.
Gazelle menggunakan nomor kerangka langsung sampai tahun 1974, ketika
sekitar angka. Angka pertama mengacu kepada angka terakhir tahun
pembuatan. Semenjak 1981, Gazelle menggunakan nomor kerangka dengan
tujuh angka.
Sumber:
Theo matthijs and Herbert Kuner, ©1999-2006
Bardzo fajnie napisane. Jestem pod wrażeniem i pozdrawiam.
ReplyDelete